Wednesday, November 17, 2010

Kualiti Hidup + Ketepatan


Kita tidak mungkin melakukan kesalahan TANPA kepastian untuk mengalami kesan dari kesalahan itu. Jika tidak segera, nanti atau bila-bila pun, tetapi pasti.

oleh itu, Kualiti hidup kita hari ini adalah HASIL dari keuntungan karena ketepatan kita, DIKURANGI dengan kerugian karena kesalahan kita. Sehingga, ketepatannya lebih, hidupnya lebih baik. Ketepatannya kurang, hidupnya kurang baik. Untuk sederhananya, marilah kita berpegang pada formula ini: Kualitas Hidup = Ketepatan – Kesalahan

Anda akan menjadi ahli dan terkemuka dalam apa pun, jika Anda berusaha keras untuk tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang sama. Jika Anda harus membuat kesalahan, pastikanlah itu adalah kesalahan yang baru. Siapa pun yang menafikan kesalahan-kesalahan yang sama, adalah orang yang tidak belajar dari kesusahan yang disebabkan oleh kesalahan yang sudah sering dibuatnya. Padahal, kesalahan mempunyai kelas, dan menunjukkan kelas dari orang yang melakukannya.

Sedarilah, bahawa melakukan kesalahan pada tingkat yang tinggi boleh lebih baik daripada tidak melakukan kesalahan dalam kehidupan kecil yang penuh kegelisahan. Maka, Janganlah hanya menghindari kesalahan. Tetapi terutama, hindarkanlah diri dari melakukan kesalahan yang sama karena, hanya orang yang gagal memaksimumkan kemampuan dan kebijaksanaannya, yang membuat kesalahan yang sama.

Anda sedang berusaha untuk membangun kehidupan yang sejahtera dan berbahagia. Kita beruntung oleh keputusan-keputusan kita yang tepat, dan dirugikan oleh kesalahan-kesalahan kita. Marilah kita perhatikan, mengulangi keputusan yang tepat, bahkan yang sama, bahkan mengenai hal yang itu juga tepat, akan tetap menguntungkan kita. Tetapi, mengulangi keputusan yang sama dan salah adalah tanda rendahnya perhatian dan merugikan anda.  Orang yang tidak memperhatikan bagaimana kehidupan ini memperlakukannya ketika membuat kesalahan, akan dipaksa merasakan kerugian berulang dari rendahnya keikhlasan untuk belajar dan mereka yang tidak memperhatikan kehidupan, tidak akan diperhatikan oleh kehidupan.

Memang menyedihkan, tetapi memang akan selalu ada orang yang melebihkan keangkuhan daripada keikhlasan untuk memperhatikan.  Hanya saja, jangan sampai semua keluhan kita di hari perhitungan nanti, dijawab dengan pertanyaan: “Apakah anda tidak berfikir?” Kemudian diteruskan, dengan “Bukankah anda diturunkan ke dunia ini sebagai pemimpin, dan bukankah telah diturunkan kepadamu pelajaran, dan telah disampaikan kepada anda berita gembira? Jika anda memilih untuk tidak mengikhlaskan dirimu kepada kebaikan, kepada siapakah lagi anda ikhlaskan kehidupanmu?”

Tuhan menunjukkan kepada kita jalan yang lurus, jalan orang-orang yang telah dirahmatiNya dengan nikmat, bukan jalan mereka yang dimurkaiNya, dan bukan jalan mereka yang sesat. Hidup ini penting sekali, hanya sekali, dan sama sekali bukan untuk eksperimen. Usahakanlah diri anda dengan baik. Anda diperlukan oleh banyak orang, baik untuk memperbaiki kesulitan yang disebabkan oleh orang-orang berkedudukan dan tidak amanah. Marilah kita menjadi suara-suara yang jujur dan tulus, walau pun mungkin suara kita tersamarkan oleh bisingnya teladan buruk, justru menjadi berita utama di negera Malaysia kita yang tercinta ini.

No comments:

Post a Comment